Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban Memproduksi : Batik Tulis Kain Bahan Juantiu, Blacu, Sutera dan Gedog, Kaos Oblong, Kaos Kerah, Pakaian Jadi / Seragam Kantor / Seragam Sekolah partai dan eceran sejak tahun 1991. Baca Selengkapnya...

Motif Ganggeng Batik Tulis Gedog

Motif Ganggeng/Kelabang Mlaku - Batik Tulis Gedog Khas Kabupaten Tuban : 

Selain motif Lok Chan, terdapat motif Ganggeng pada motif batik tulis gedog Tuban. Ganggeng merupakan salah satu kekayaan biota laut yang ada pada Kabupaten Tuban, yakni rumput laut. Batik tulis Gedog Motif Ganggeng memberikan gambaran rumput laut yang bergoyang-goyang didalam air. Bercorak seperti Kelabang Mlaku (Kaki seribu berjalan), menjadi ciri khas dari motif Ganggeng. 

Motif Ganggeng Batik Tulis Gedog Tuban, Motif Khas Batik Gedog Tuban.
Coba perhatikan, seperti rumput laut yang begoyang bukan? Juga terlihat seperti Kelabang Mlaku atau Kaki  Seribu Berjalan.



Dengan mempergunakan batik tulis gedog motif Ganggeng diharapkan hidup penggunanya selalu kecukupan dan berumur panjang. Motif Ganggeng selain sebagai batik untuk keperluan sehari-hari juga dipergunakan pada acara seserahan pengantin laki-laki kepada pengantin perempuan pada adat masyarakat Kabupaten Tuban dahulu (mungkin sekarang masih ada dibeberapa daerah). 

Warna pada batik gedog bermotif Ganggeng mempunyai pengelompokan tersendiri berdasarkan pengguna serta warnanya :
  • Warna merah terang bagi perempuan muda dimasa subur. 
  • Warna merah dan biru untuk perempuan yang sudah memiliki anak. 
  • Warna merah ungu hampir hitam untuk perempuan lanjut usia, dan 
  • Warna hitam dipakai untuk menyelimuti mayat.
Pada saat ini nampaknya penggunaan aturan pengelompokan berdasarkan pengguna serta warna diatas sudah "tidak" berlaku lagi karena perkembangan zaman. Saat ini terdapat beragam warna dan kreasi dari batik tulis gedog motif Ganggeng. Tidak hanya untuk kalangan perempuan saja, tetapi motif Ganggeng ini sudah pula dipergunakan untuk kalangan laki-laki. Dibawah ini contoh kemeja lengan panjang untuk laki-laki dengan motif Ganggeng.

Motif ganggeng batik gedog Tuban, Motif khas batik gedog Tuban, Motif batik Tuban.
Kreasi baru motif Ganggeng, bukan hanya untuk kalangan perempuan saja.

BELI BATIK TULIS GEDOG MOTIF GANGGENG BERKWALITAS DI WWW.BATIKHMSHOLEHTUBAN.COM.

Referensi : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Tuban, Museum Kambang Putih Tuban.

0 Komentar untuk "Motif Ganggeng Batik Tulis Gedog"

Silahkan  berkomentar   mengenai   artikel Blog Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban untuk bertanya, menyanggah atau menambahi artikel.Segala bentuk komentar dari Anda sangat kami hargai dan akan kami jadikan perbaikan untuk masa yang akan datang.

Nb : Seluruh komentar kami moderasi terlebih dahulu.

Back To Top