Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban Memproduksi : Batik Tulis Kain Bahan Juantiu, Blacu, Sutera dan Gedog, Kaos Oblong, Kaos Kerah, Pakaian Jadi / Seragam Kantor / Seragam Sekolah partai dan eceran sejak tahun 1991. Baca Selengkapnya...

Sekilas Tentang Kami

Sejarah Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban, Batik Gedog Tuban, Batik Gedog Kerek
HM. Sholeh, pemilik UD. Budi Karya melakukan quality control terhadap produk batiknya.

Berawal tugas tambahan dari Dinas Pendidikan dan Departemen Kebudayaan Kabupaten Tuban yang diembankan untuk mengentaskan buta aksara kejar paket A di Kecamatan Kerek pada awal tahun 1987 dengan sebanyak 91 wajib belajar. HM. Sholeh, pemilik UD. Budi Karya sekaligus merk Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban mengenal batik tulis gedog tuban.

Dengan tanggung jawab mengentaskan buta aksara pada 91 wajib belajar, dibentuklah kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 20-24 orang yang secara bersama-sama belajar CALISTUNG dengan buku dan alat tulis dari DEPDIKBUD Kecamatan Kerek dibawah didikan HM. Sholeh.

Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban. Macam-macam Motif Batik Gedog Tuban
Dalam perjalanan 3 tahun mengajar kejar paket A di Kecamatan Kerek, HM. Sholeh mengetahui jika mayoritas anak didiknya mempunyai keahlian dalam hal membuat batik gedog yang diturunkan secara turun-temurun dari orang tua mereka. Dari sinilah beliau memotivasi serta memberikan dukungan kepada wajib belajar untuk selain belajar CALISTUNG juga bekerja dengan membuat batik gedog.

Untuk menumbuhkan semangat mereka dalam bekerja melalui keahlian membatik batik gedog yang mereka miliki itu, HM. Sholeh memberikan tugas membuat 1 motif batik gedog bagi masing-masing peserta didik dan hasil produk batik gedog (yang merupakan tugas belajar) dari mereka dibawa oleh HM. Sholeh untuk diwarnai sekaligus untuk dipasarkan. Pemasaran ini dilakukan HM. Sholeh selama 4 tahun.

Dalam 3 tahun waktu pengentasan buta aksara kejar paket A yang telah ditentukan, para peserta bisa lulus dan menyelesaikan program pengentasan buta aksara kejar paket A dengan baik. Bersamaan dengan hal itu, produk batik gedog yang dihasilkan oleh para peserta didik kejar paket A tersebut ternyata mempunyai daya tarik tersendiri dan laku dijual pada 4 kabupaten.

Dengan lakunya pemasaran produk batik gedog buatan mereka oleh HM. Sholeh yang awalnya merupakan tugas pada saat mengikuti program kejar paket A, sampai saat ini setelah  para peserta kejar paket A tersebut lulus, mereka tetap membatik batik gedog. Namun tidak lagi sebagai tugas belajar melainkan sebagai pekerjaan sehari-hari dengan menjadi karyawan/karyawati Batik Tulis Gedog HM. SHoleh Tuban dan mendapatkan UMR yang sesuai serta beberapa tunjangan. 

Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban - UD. Budi Karya :
  • Berdiri sejak tahun 1991
  • Produk : Batik Tulis Kain Bahan Katun dan Sutera. Batik Tulis  Kain  Tenun  Gedog  (Tenun Gedog Khas  Tuban  terkenal  sejak  zaman penjajahan Belanda dan Jepang). Pakaian Jadi/Seragam Kantor/Seragam Sekolah partai dan eceran. Batik Kaos mulai ukuran anak-anak hingga model dewasa. Batik Busana Muslim, Jarit/Jarik, Daster. Batik  Taplak  Meja,  Bed  Cover,  Sarung, Tempat  Tissue, Sarung  Bantal,  Bantalan Kursi, Tas Laptop dan sebagainya.
  • Temukan kami di :
Sumber gambar : Bank Jatim

0 Komentar untuk "Sekilas Tentang Kami"

Silahkan  berkomentar   mengenai   artikel Blog Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban untuk bertanya, menyanggah atau menambahi artikel.Segala bentuk komentar dari Anda sangat kami hargai dan akan kami jadikan perbaikan untuk masa yang akan datang.

Nb : Seluruh komentar kami moderasi terlebih dahulu.

Back To Top